Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 22 Desember 2010

Tugas Sistem Informasi Manajemen

INDONESIA (INGIN) MENJADI NEGARA MAJU MELALUI
TEKNOLOGI ????

Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Kalau dahulu kita mengenal kata pepatah “dunia tak selebar daun kelor”, sekarang pepatah itu selayaknya berganti; dunia saat ini selebar daun kelor, karena cepatnya akses informasi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi di Amerika misalnya, meskipun kita berada di Indonesia.
Perkembangan dunia teknologi khususnya komunikasi tentunya telah banyak membantu berjuta-juta penduduk dunia untuk saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya. Bahkan semakin lama, kita dapat berkomunikasi dengan teman, keluarga maupun relasi bisnis kita dengan harga yang murah dan dengan kualitas yang cenderung meningkat.
Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa teknologi internet sangat membantu perkembangan kamajuan bangsa seperti yang terjadi di Indonesia saat ini. Dengan adanya Internet semua kegiatan yang dahulu mustahil untuk dilakukan, saat ini bisa dilakukan. Apalagi saat ini sudah di dukung dengan murahnya biaya akses Internet serta menjamurnya area Free Hotspot. Tapi, walaupun internet bisa membantu seseorang dalam mengakses segala hal, perlu adanya pengawasan bagi orang tua terhadap anak-anaknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ambil saja facebook sebagai contoh kasusnya. Banyak orang yang memiliki ratusan atau bahkan ribuan teman difacebook. Tapi di dunia nyata, mereka hanya memiliki beberapa orang teman dekat yang menemani keseharian mereka. Bahkan banyak sekali terjadi penculikan, penipuan dan lain sebagainya hanya karena bodohnya kita mudah percaya dengan orang yang baru saja kita kenal lewat dunia maya (tidak nyata). Inilah salah satu dampak negatif facebook yang sampai sekarang mungkin belum banyak disadari oleh beberapa orang. Mereka telah kehilangan kemampuan untuk berbaur dengan masyarakat dan cenderung nyaman dengan kehidupan online. Padahal jika terjadi suatu hal yang krusial pada kehidupan kita, yang bisa membantu kita bukanlah orang-orang yang kita kenal didunia maya tapi orang-orang yang hidup disekitar kita.
Oleh karena itu, mari kita imbangi kehidupan aktif kita didunia maya dengan menjalin hubungan dan komunikasi yang intents dengan masyarakat yang ada disekitar kita. Dengan demikian kita tidak akan terkotak-kotakkan oleh hubungan yang sempit dan kita tidak akan kehilangan kemampuan berkomunikasi dengan yang lainnya.
Dua tips ringan untuk memanfaatkan teknologi sehingga kita mendapatkan sebuah kualitas hubungan yang baik dengan teman-teman kita. Berikut adalah tipsnya :
Gunakan teknologi yang anda kuasai untuk menjalin hubungan yang lebih intents dengan  teman atau orang-orang yang sebelumnya telah anda kenal didunia nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di Facebook, twitter , atau social media yang lain karena kecenderungan yang terjadi, mereka yang hanya anda kenal didunia maya tidak akan memberikan nilai persahabatan yang mutualisme atau saling mensupport antara satu dan yang lain didunia nyata.
Jika anda ingin mencari teman-teman yang baru didunia maya, carilah komunitas positif yang sering melakukan pertemuan didunia nyata atau biasa dikenal dengan istilah kopdar atau kopi darat. Komunitas seperti inilah yang benar-benar akan mengasah kemampuan komunikasi anda karena komunitas-komunitas ini seringkali memberikan kita inspirasi dan dukungan yang optimal pada kehidupan anda.
Mungkin mental bangsa kita yang belum siap dengan teknologi ini sehingga hanya sebagian kecil dari bangsa ini yang memanfaatkan kemajuan internet ini dengan benar. Menurut sebuah penelitian hampir 75% remaja kita mengakses situs pornografi dan biasanya mereka malah dengan bangga mengupload film mesum mereka sendiri dengan pacarnya ke Internet.
Kapan Indonesia menjadi Negara maju, jika saja penerus bangsa masih seperti ini???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar